Senin, 06 Juli 2015

My Lovely Mojokerto

Bonjour kawan! ^^ Hehe Selamat datang kembali di blogku. Bagaimana kabar kalian? Semoga terhibur dengan beberapa postku sebelumnya yah! :D. Nah pada perkenalan sebelumnya di post ku yang pertama sudah ku sebutkan sedikit tentang daerah asalku. Kali ini aku akan menceritakan kembali lebih detail tentang betapa tercintanya daerahku itu. Mojokerto :D




Daerah asalku terletak di Jawa Timur. Bagian kecil yang sering disebut sebagai salah satu bekas daerah Kerajaan Majapahit. Hal itu menjadikan daerahku memiliki beberapa peninggalan bersejarah yaitu candi. Jadi kalau main main kesini, kudu dan wajib buat mengunjungi beberapa candi yang dijamin memanjakan mata kalian :D.

Daerah yang memiliki banyak candi didaerahku dikenal dengan nama Trowulan. Ada berbagai situs yang bisa dikunjungi dan ada yang masih dalam perbaikan karena usianya yang sangat tua. Beberapa situs yang cukup populer diantaranya yaitu Gapura Wringin LawangGapura Bajang RatuCandi TikusCandi BrahuMakam Putri CempaKolam Segaran, dan masih banyak lagi yang bakal bikin kalian penasaran. Ada juga Museum yang menyimpan berbagai artefak jaman Majapahit loh! :D Selain rekreasi bisa sekalian nambah ilmu kan? Kalian juga bisa beli oleh oleh miniatur patung budha dan lain lain. Hehe promo dikit ya.

Selain disuguhi pemandangan peninggalan kerajaan Majapahit, kalian juga bisa menikmati wisata kuliner yang lezat. Kuliner khas di daerah Trowulan sendiri adalah Wader Penyet hehe. Sederhana memang, tapi dijamin kuliner ini akan memanjakan lidah kalian dan membawa suasana sederhana didesa yang mententramkan hati. Jajanan yang cukup populer disini yaitu Pentol. Ukurannya pun tidak tanggung tanggung. Ada pentol yang bakalan bikin kalian nggak mampu buat bayangin gimana ngehabisinnya. Tapi kalo soal rasa dijamin nendang kok! :D


Setelah berjalan jalan ke peninggalan jaman kerajaan Majapahit, sedikit masuk ke kota kalian bisa menemukan beberapa peninggalan jaman Belanda. Ada beberapa rumah koloni Belanda yang masih berdiri kokoh. Serasa flashback ke jaman penajajahan gitu deh hehe. Bangunannya menjulang tinggi dan kadang sedikit berlumut. Terkesan horor sih ya, tapi seru kok menikmati suasana asri dan sejuk rumah Belanda. Lagi pula, dulu daerahku ini juga dikenal sebaagi dermaganya pada koloni Belanda.
Jadi banyak peninggalan Belanda yang masih dipakai atau terkadang dibiarkan begitu saja dimakan waktu,



Eh ada yang ketinggalan, oleh oleh yang cukup populer diantara semuanya yaitu Onde Onde :D Kotaku disebut dengan kota onde onde. Seperti yang aku gambarkan diperkenalan sebelumnya (mungkin aku jabarkan lagi yah hihi), jajanan khas Mojokerto ini sangat lezat loh! ^^ Bulat berisi tumbukan kacang hijau dengan taburan wijen disekelilingnya sangat nagih! Rasanya manis manis gurih gimana gitu. Maka dari itu mampir kesini ya ;) Tempat yang cukup terkenal untuk membeli Onde Onde salah satunya yaitu di Toko Boliem. Tanya penduduk sekitar udah pasti tahu kok dimana tempatnya, oke?

Selain onde onde ada juga Keciput. Yang ini sedikit mirip biskuit. Keras gimana gitu tapi nagih juga loh! Cuman khasnya kotaku ya Onde Onde itu. Dicoba... Dicoba.. semuanya! :D

Kalo masalah budaya, kami juga nggak kalah aktif kok. Seni sudah jadi tontonan yang umum buat kami. Apalagi sering diadakannya Festival Padang setiap bulan purnama. Tari tarian, ludruk (semacam drama) dan pertunjukan khas yaitu "Bantengan" juga ditampilkan pada malam itu. Bantengan ini nggak semua orang berani nonton loh.. Pasalnya ada gaib gaibnya gitu deh.. Serem. Tapi menghibur kok, gerakan 2 pemain yang menggunakan kostum banteng hitam meliuk liuk lincah dan bikin geregetan dibuatnya. Kaget-kaget gimana gitu... Daerahku ini juga hobi wayangan loh.... Semalem suntuk kalau udah ada hajatan sunatan hehe. Jadi kalau bermalam di mojokerto dan kebetulan ada hajatan didaerah yang kalian tinggalin, bisa deh tuh nonton wayang sampe pagi hahaha.

Eh ada yang lupa.... Seperti daerah yang lain, urusan kain khas Mojokerto juga memiliki batik khasnya yaitu Mrico Bolong, polo pendem, dan masih banyak lagi nama kain batik khas daerah tercintaku ini. Jadi kalian bisa bawain oleh oleh buat emak dirumah biar bisa bikin baju gitu hehehe

Hm... Sebenernya masih banya beberapa cerita tentang daerahku ini, tapi rasanya segini dulu hehe. Biar penasaran gitu ceritanya. So, kapan mau kesini? Yuk cusss keliling daerahku. Gimana daerahmu? Mungkin kita ada kesamaan? Ditunggu sharingnya tentang daerah kalian masing masing ya. See Ya!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar