Senin, 06 Juli 2015

Merawat Gitar Akustik

Holla teman teman! Masih ingat perkenalanku sebelumnya :D Aku bilang aku suka gitar kan? Nah buat para pecinta gitar terutama gitar akustik, kali ini aku akan berbagi sedikit "Tips Merawat Gitar Akustik" kesayangan kita. Beberapa tips dibawah ini semoga membantu kalian yang susah awet gitarnya hehehe.



 Merawat gitar akustik memang gampang gampang susah. Dikarenakan terbuat dari kayu, para pemilik gitar akustik harus lebih memperhatikan cara perawatannya agar kayu tidak mudah melapuk dan neck tidak mudah melengkung.



Pertama : Simpan Gitar dengan Benar

Untuk menyimpan gitar sebaiknya menggunakan dudukan gitar untuk menghindari jatuhnya gitar. Akan lebih baik lagi jika pemilik gitar menggunakan hardcase karena akan menghindarkan gitar dari debu maupun udara yang terlalu lembab. Jika kalian tak memliki dudukan atau hardcase, usahakan simpan dengan keadaan telentang dengan senar menghadap keatas. Simpan ditempat yang cukup tinggi seperti diatas lemari agar tidak terinjak. Tidak disarankan untuk menyimpannya dalam keadaan menyandar.



Kedua : Jaga Suhu dan Jauhkan dari Kelembaban

Suhu kamar tempat menyimpan gitar juga mempengaruhi keawetan gitar. Sebaiknya simpan ditempat dengan suhu normal. Tidak disarankan untuk menyimpannya ditempat penyimpanan atau gudang. Kalian bisa menggunakan silica gel juga baik untuk merawat dan menghindari gitar dari kelembaban.




Ketiga : Bersihkan Secara Berkala dan Rutin


Rajin-rajinlah membersihkan gitar agar performanya kelihatan. Membersihkan dengan rutin gitar akustik kalian juga berpengaruh pada keawetan gitar. Tentukan waktu secara berkala, misal seminggu sekali. Walaupun gitar jarang atau tidak dimainkan.
Untuk membersihkan senar bisa dengan kain lap bersih dan lembut atau menggunakan lap pembersih kacamata. Bersihkan seluruh bagian gitar, baik senar dan badan gitar hingga leher. Ganti juga senar yang sudah berkarat.
Sebaiknya setelah dimainkan, gitar dilap agar tidak disimpan dalam keadaan basah dan lembab karena selain debu, keringat dan minyak juga menyebabkan gitar menjadi kotor.




Berikut ini adalah beberapa hal lain yang perlu diperhatikan dalam menyimpan gitar :


- Kendurkan senar jika tidak dipakai dalam waktu lama agar neck tidak mudah melengkung
- Pasang trusrod jika gitar kamu belum dilengkapi alat tersebut
- Pilih senar yang bagus dan berkualitas
- Beri pelumas secukupnya dibagian gear tunner set (dibagian head tempat setting senar) agar tidak mudah karatan

Nah sekian tips tips yang saya kutip dari beberapa sumber. Semoga bermanfaat buat kalian ya! ^^ \m/
Selamat bermusik!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar